Menjangkau Jiwa Melalui Bermusik

Iman, Pengharapan, Kasih
275 views | 0 Comments

Nyanyian rohani menjadi nafas bagi umat Kristiani dalam memuji dan memuliakan Allah. Lagu-lagu penyembahan tersebut tidak hanya sebagai lagu saja tapi lebih dari itu memberi kekuatan dan mempunyai kuasa yang besar. 

Dalam deretan penyanyi rohani yang sedang popular saat ini, salah satunya adalah Franky Kuncoro. Lagu yang terkenal “Kemenangan Terjadi di Sini” membuat namanya melambung. Namanya menjadi terkenal bukan suatu kebetulan. Sejak berusia 13 tahun ia sebenarnya sudah dinubuatkan bahwa kelak ia akan berdiri paling depan di barisan tentara Allah, seperti yang dijelaskan dalam buku Inspirasi Generasi: 65 Kesaksian Hidup bersama Kitab Suci (2019) terbitan Lembaga Alkitab Indonesia. 

Franky dibesarkan dari keluarga yang takut Allah. Ia tinggal dan besar di kota Solo sampai menjelang SMA. Kemudian ia melanjutkan kuliah jurusan desain grafis di Universitas Petra, Surabaya. Di kota ini ia mengalami hidup baru di dalam Tuhan termasuk tempaan hidup terutama kegagalan bisnisnya. Sempat mengalami keputusasaan tetapi pertolongan Tuhan tetap menopangnya dan membawanya mengalir menjadi “full timer” musik di Gereja Mawar Saron, Surabaya yang mendorongnya semakin berkembang dalam bidang musik gereja. Franky optimis dengan keputusannya untuk mengembangkan bakat dan talentanya dalam bernyanyi, khususnya mendalami lagu-lagu rohani. Kemudian bersama beberapa temannya, ia berhasil membesut “worship conference”. Hal ini yang menguatkan niatnya untuk berpindah ke Jakarta. 

Baru pada tahun 2014 ia merealisasikan impiannya untuk berpindah ke Jakarta. Kehidupan bermusik Franky Kuncoro penuh lika-liku. Ia tidak hanya menekuni music rohani saja tetapi ia juga dipercaya beberapa perusahaan besar untuk menciptakan jingle lagu untuk iklan seperti Bank OSBC NISP, Sampoerna, Zurich Insurance, dan lain-lain. Baginya semua lagu yang diciptakannya merupakan karya Allah, sehingga Franky tidak membedakan lagu rohani dan non rohani.

Memuji dan memuliakan nama Tuhan perlu harus disertai kesungguhan hati dan semangat. Mengusung semangat untuk meningkatkan pelayanan, maka sekolah musik yang diberi nama Unlimited Worship dia dirikan pada tahun 2015 dari hasil woship conference. Pasang surut sekolah ini membuatnya hampir putus asa. Ia tidak menyangka mukjizat Tuhan menolongnya untuk bangkit dengan mendapat fasilitas baru bagi sekolah musik yang ada di Plaza Indonesia. Sekolah musik bukan impian terakhirnya tetapi ia juga mempunyai kerinduan agar talentanya bermusik juga dapat menjadi berkat bagi anak-anak jalanan, dan mantan pecandu narkoba. 

Pergumulannya untuk mendalami Alkitab banyak memberi inspirasi. Lagu “Kemenangan Terjadi di Sini” merupakan hasil kontemplasinya dari Ibrani 4:16. Ketika masa kanak-kanak sampai dewasa ia hanya sekedar membaca Alkitab saja tetapi ketika semakin bertambahnya usia Franky mendalami dan menggumuli firman Tuhan dengan lebih dalam lagi. []

 

(Laksono. Sumber: Berbagai sumber)

Editor: Budi Fajar Kadarmanto

 

Share on:

0 Comments

Anda harus login terlebih dahulu untuk dapat memberikan komentar

About Us

Sarana Berbagi Firman Tuhan.

Digital Bible Community sebagai wadah muda-mudi kreatif di bidang multimedia dan teknologi informasi untuk bersama-sama mengekspresikan ide-ide kreatif sekaligus memuji dan memuliakan Tuhan. Ikuti Sosmed kami dan Tuhan Yesus memberkati.

Contact Us

Lembaga Alkitab Indonesia

Stay Connected

Facebook
Twitter
Instagram